You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Waro
Desa Waro

Kec. Monta, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Waro Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Melalui Website Desa, anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Percepatan SDGs 2023 - Berikut Peran Pendamping Lokal Desa Kemendesa PDTT RI di Desa Waro Kec.Monta

Administrator 10 Juli 2023 Dibaca 297 Kali
Percepatan SDGs 2023 - Berikut Peran Pendamping Lokal Desa Kemendesa PDTT RI di Desa Waro Kec.Monta

Bima, Waro.id - Dalam rangka Percepatan capaian Hasil Pendataan SDGs di Desa Waro Kecamatan Monta Kabupaten Bima Tahun 2023, berikut Peran Pendamping Lokal Desa dari Kementerian Desa PDTT RI.

Kamaruddin, S.Pd selaku Pendamping Lokal Desa Waro Kecamatan Monta menjelaskan bahwa sesuai Tahapan, setelah dilaksanakan Pembentukan Tim Pokja SDGs, Penetapan SK nama-nama Petugas Pendata SDGs oleh Kepala Desa, Pembuatan Username dan Pelaksanaan Bimbingan Teknis. Selanjutnya dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi, guna mengukur capaian hasil Pendataan SDGs.

Baca juga : 

Pemdes Waro Laksanakan Bimtek Pengisian SDGs Desa Tahun 2023

"Hari ini, Senin tanggal 10 Juli 2023 untuk Pekan Pertama, maka agenda kami bersama Kepala Desa Waro adalah melaksanakan Monitoring, Pendampingan dan Penguatan untuk Progres hasil Pendataan SDGs serta evaluasi kendala yang dihadapi oleh Petugas SDGs selama melaksanakan survey dan pendataan dilapangan untuk diinput di SDGs Online Kemendesa" Ungkap Kamaruddin

Dijelaskan bahwa indikator Keberhasilan Pendataan SDGs desa dapat dilakukan oleh Pemerintah desa maupun Supra desa dimana pemutakhiran data SDGs desa sesuai amanat Peraturan Menteri Desa dan PDTT RI Nomor 2 Tahun 2016 yang menyebutkan bahwa pemutakhiran data berbasis SDGs Desa merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun yang lebih detail, lebih mikro, untuk dapat memberikan informasi lebih banyak sebagai proses perbaikan, pendalaman data-data pada level RT, Keluarga dan Individu.

"Adapun progres Hasil pendataan oleh Petugas SDGs Desa Waro sejauh ini sebanyak 671 individu yang tersebar di 8 RT 4 RW di 3 Wilayah Dusun. Adapun tahapan yang disurvey oleh petugas, Pertama Survey Individu yang selanjutnya nanti dilakukan Survey Kepala Keluarga, Rukun Tetangga dan Terakhir Survey Desa, sehingga di peroleh Skor dari 18 Pilar yang menjadi tujuan dan sasaran SDGs" Urai Pendamping Lokal Desa

Sementara itu, Kepala Desa Waro, Muhammad Ali,.SH.MM memberikan Apresiasi kepada para Petugas sebagai Enumerator di Desanya yang dimana pada pekan pertama telah progres cukup Signifikan dalam melaksanakan tugas pendataan.

"Adapun Gambaran Jumlah Penduduk di Desa Waro yakni sebanyak 1.972 Jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga yakni sebanyak 631 Kepala Keluarga dan Alhamdullilah Pekan Pertama ini, Progres capaian hasil Pendataan SDGs untuk Kuesioner Individu sudah mencapai 671 Individu." ungkap Kades Waro

Kades Waro juga berpesan bahwa sesuai giat dan impiannya menjadikan Desanya sebagai Bank Data Desa, terus secara intens memonitoring pendataan agar tetap progres dan Terukur.

Baca juga : 

Terobosan Baru Kades Waro, Bangun Bank Data Dorong Pengembangan Sistem Informasi Desa di Desanya

"Ini juga yang menjadi impian besar saya yang ingin menjadikan Desa Waro sebagai Bank Data Desa, untuk itu saya terus memantau progres dari hasil pendataan SDGs" ujar Kades Waro.

Hadir Pula dalam kegiatan ini, Camat Monta Muktamirin,S.IP.MM yang juga berharap agar Desa Waro dapat menjadi Pilot Project sehingga memotivasi Desa lain dalam percepatan capaian Pendataan SDGs Tahun 2023 di Wilayah Kecamatan Monta.

Selain Camat Monta, hadir pula TKSK Kecamatan Monta serta Pendamping PKH yang juga melaksanakan Giat Sosialisasi Pemutahiran DTKS dari Pusdatin Kemensos RI di Wilayah Kecamatan Monta.

Kegiatan Monitoring sekaligus Penguatan Penguasaan Survey dan Isian Kuesioner SDGs kepada Enumerator, Admin Desa ini berakhir hingga pukul 16.45 Wita (red/SID Waro*)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image