You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Waro
Desa Waro

Kec. Monta, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Waro Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Melalui Website Desa, anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Pemdes Waro Laksanakan Bimtek Pengisian SDGs Desa Tahun 2023

Administrator 03 Juli 2023 Dibaca 325 Kali
Pemdes Waro Laksanakan Bimtek Pengisian SDGs Desa Tahun 2023

Bima, Waro.id- Pemerintah Desa Waro Kecamatan Monta Kabupaten Bima melaksanakan Bimbingan Teknis Tata Cara Pengisian Kuesioner Pemutakhiran Data SDGs Desa Tahun 2023 Pada Senin Pagi (3/7/2023)

Bertempat di Kantor Desa Waro, dalam arahannya Kepala Desa Waro, Muhammad Ali,SH.MM memaparkan bahwa Bimtek ini bertujuan agar Tim Pokja lebih memahami Tupoksi, Tata cara pelaksanaan Pendataan dan Manfaat dari pemutakhiran data SDGs Desa. 

"Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pendataan dan cara mengisi kuisioner pada e-link SDGs dari Kementerian Desa PDTT RI kepada Tim pendataan SDGs desa, Baik Admin Desa maupun Enumerator" ucap Kades Waro

Dari Hasil Pendataan SDGs inilah nantinya akan kita digunakan sebagai dasar pelaksanaan Pembangunan di Desa Oleh Kementerian Desa" Ungkap Kades Waro. 

Adapun Materi Bimtek SDGs Kepada Admin Desa dan Enumerator yakni cara tata melakukan pendataan, pengisian kuisioner di form kuisioner SDGs secara Offline/Online.

Lebih lanjut, Pendamping Lokal Desa Kamaruddin,S.Pd selaku Tutor Menjelaskan bahwa Pendataan SDGs ada 5 jenis yaitu Pendataan berbasis Individu, Pendataan Keluarga/KK, Pendataan RT, Pendataan RW dan Pendataan Desa.

"Pendataan SDGs Desa merupakan program baru Kementerian Desa yang dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa dengan data induk bersumber dari masing-masing desa berbasis Individu" ujarnya. 

Hasil pendataan ini akan memuat potensi dan kelemahan di masing-masing wilayah, sehingga dalam melakukan perencanaan desa berbasis data dapat mempertimbangkan kekurangan, potensi, serta kemajuan wilayah sehingga pembangunan Desa dapat merata."Tambah Pendamping

Selanjutnya juga disampaikan bahwa SDGs Desa merupakan program prioritas Nasional yang menjadi kewenangan desa secara berkelanjutan.

"Untuk itu, Desa merupakan gerbang dalam meningkatkan pembangunan masyarakat. Oleh karena itu Percepatan Capaian Program SDGs Desa agar menjadi Dasar dalam penyusunan program yang akan didanai dari dana desa, ungkap Pendamping Lokal Desa

Pemutakhiran Data SDGs Desa tahun 2023 terbagi dalam 2 tahap. tahap 1 dilaksanakan di semester awal dengan target pendataan selama 3 bulan yaitu bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2023, selanjutnya Tahap 2 Bulan Juni sampai Bulan Desember 2023.

Untuk itu, dari Bimtek ini Pemerintah Desa Waro mentargetkan Percepatan Capaian Pendataan SDGs Desanya terselesaikan bulan September 2023 mendatang. 

Hadir dalam Bimtek ini diantaranya Kepala Desa, Perangkat Desa, Pokja SDGs yang terdiri dari Admin dan Enumerator Pendamping Lokal Desa serta TKSK Kecamatan Monta.(red/SID Waro*)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image