You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Waro
Desa Waro

Kec. Monta, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Waro Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Melalui Website Desa, anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Dukung Pembangunan Nasional Berkelanjutan, Kades Waro Fokus Tuntaskan Survey SDGs Desa.

Administrator 01 Agustus 2023 Dibaca 262 Kali
Dukung Pembangunan Nasional Berkelanjutan, Kades Waro Fokus Tuntaskan Survey SDGs Desa.

Bima, Waro.id - Dalam rangka Menyukseskan Program Pembangunan Nasional berkelanjutan, Pemerintah Desa Waro Kecamatan Monta, Fokus Tuntaskan Pendataan dan Pemutahiran survey SDGs Desa Tahun 2023.

Hal ini, diterapkan Kades Waro  dalam Kegiatan Monitoring dan Penguatan Materi Survey Pendataan Rukun Tetangga Bersama Pendamping Lokal Desa (PLD KDPDTT) Bima Monta dan Petugas Enumerator di Desanya pada Selasa Pagi (01/08/2023)

Kades Waro, Muhammad Ali,SH.MM Mengungkapkan bahwa Dari aspek kewilayahan, sebesar 91 persen wilayah Indonesia adalah wilayah desa. Dari kondisi tersebut, terlihat aksi SDGs desa memiliki kontribusi yang cukup signifikan.

"SDGs Desa jadi Prioritas Dana Desa, Berdasarkan amanat dari Presiden Joko Widodo dan Menteri  Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi" Ucap Kades Waro.

"Oleh karena itulah Melalui Kegiatan SDGs Desa ini diharapkan sebagai acuan untuk pembangunan desa berkelanjutan dan akan menjadi Dasar Penyusunan RKPDes Berbasis SDGs Tahun Anggaran 2024, untuk itu saya memonitoring dan mengevaluasi terus capaian Per Pekan para petugas enumerator kami, agar tetap terukur dan terarah capaiannya" urai Kades Waro.

Sementara itu, Kamaruddin,S.Pd selaku Pendamping Lokal Desa yang secara intens mendampingi Pemerintah Desa Waro Kecamatan Monta, memaparkan bahwa Permendesa PDTT mengenai SDGs Desa menjadi dasar 74.953 desa di Indonesia dalam menyusun rencana kerja dan APBDes sejak tahun 2021.

Terkait dengan itu, ada tiga fokus anggaran dana desa tahun depan, pertama pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa.

Kedua, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa yang meliputi pendataan desa, pemetaan potensi dan sumber daya, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (Sistem Informasi Desa).

Kemudian yang ketiga yaitu
pengembangan Desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di desa, dan desa inklusif.

Penetapan tersebut didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan atau SDGs"ucap Kamaruddin,S.Pd dihadapan para Petugas Enumerator, Perangkat Desa saat memberikan Materi dan Praktek Tata Cara Pengisian Kuesioner Survey Rukun Tetangga secara mandiri.

Maka dari itu, melalui Kegiatan Monitoring dan Penguatan tahap Materi Survey RT ini, selanjutnya dapat segera dilaksanakan Finalisasi Data Hasil Pemutahitan Survey SDGs Tingkat Desa Waro Periode 2023.

Untuk itu, Pendamping Lokal Desa dari Kementerian Desa PDTT tersebut, menyebutkan bahwa capaian Enumerator untuk Survey Individu dan Survey Kepala Keluarga telah tercapai secara maksimal untuk waktu pendataan 30 Hari Kerja pada tahap Smester I.

"Selanjutnya, setiap Enumerator mulai melaksanakan Tahap Survey Rukun Tetangga, dan kami bersama Kepala Desa Waro, mentargetkan Pendataan SDGs Tingkat Desa Waro dapat Tuntas pada Pekan Pertama Bulan Agustus 2023 ini dan kemudian dapat segera dimusdeskan untuk ditetapkan. Hasil Penetapan ini menjadi dasar Rekomendasi dalam rangka Dasar Penyusunan RKPDes Desa Waro Tahun Anggaran 2024 nanti"tutur Kamaruddin,S.Pd

Hadir dalam Kegiatan Monitoring dan Penguatan Materi Survey RT Kepada Petugas Enumerator ini diantaranya, Kepala Desa Waro selaku Fasilitator, Petugas Enumerator, Perangkat Desa dan Pendamping Lokal Desa.
(red/SID Waro)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image