You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Waro
Desa Waro

Kec. Monta, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Waro Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Melalui Website Desa, anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa

TPP Kab.Bima Ikuti Rakorkab dan Bimtek Sertifikasi Uji Kompetensi Tahun 2023

Administrator 21 Agustus 2023 Dibaca 312 Kali
TPP Kab.Bima Ikuti Rakorkab dan Bimtek Sertifikasi Uji Kompetensi Tahun 2023

Berita Kab.Bima- Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat mengikuti Rakorkab dan Bimbingan Teknis persiapan sertifikasi uji Kompetensi Tahun 2023 yang digelar oleh TPP Kabupaten Bima, bertempat di Aula SMK 3 Kota Bima, Pada Senin Pagi (21/08/2023).

Kegiatan ini dibuka resmi oleh Kadis PMD Kabupaten Bima yang diwakili oleh Dr.Junaidin,MM selaku Kabid Ekonomi.

Dr.Junaidin mengucapkan terimakasih kepada TPP Kabupaten Bima yang memfasilitasi kegiatan Rakor Tingkat Kabupaten antara Tenaga Pendamping dan Dinas PMD Kabupaten Bima.

"Kita berharap dengan terlaksananya Rakorkab dan Bimtek ini dapat memperkuat Peran kita dalam Percepatan Perencanaan Pembangunan Desa Tahun 2024"ucapnya

Lebih lanjut, Edi Wahyuddin selaku Koordinator TPP Kab. Bima menyebutkan, tujuan dari kegiatan ini, untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendamping profesional. 

Disamping itu disebutkan juga dalam rangka mempersiapkan uji kompetensi para pendamping desa khususnya di Kabupaten Bima.

"Rakorkab dan Bimtek ini dalam Rangka Peningkatan Kapasitas, Evaluasi Program, dan Bimbingan Teknis Uji Kompetensi Tenaga Pendamping Profesional dan Sebanyak 46 Peserta Rakorkab PLD yang telah diusulkan untuk mengikuti Sertifikasi Uji Kompetensi Tahun 2023"ujar Korkab TPP Kab.Bima.

Korkab TPP Kab.Bima juga mengungkapkan, Sertifikasi Kompetensi ini dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di Kementerian Desa.

"Sertifikat akan menjadi pegangan pendamping sebagai bukti telah memiliki kompetensi dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga dapat meningkatkan mutu dan profesionalitas dalam bertugas sebagai pendamping. Adapun Jumlah Uji Kompetensi untuk PLD sebanyak 8 Kompetensi dan untuk PD sebanyak 15 Kompetensi, kemudian disusun dalam bentuk Portopolio"pungkasnya.

Adapun Materi Rakorkab dan Bimtek yakni Percepatan Perencanaan Desa 2024 (RKPDes) oleh Ihwan Budiman, S.Sos,M.AP/ Kabid KPA dan Sosbud Dinas PMD Kab.Bima.

Selanjutnya, Materi Evaluasi DD, Monev DD dan BLT DD oleh TAPM M.Din dan Susanto Saputro.

Pengantar Uji Kompetensi PD/PLD oleh Susanto Saputro dan Penyusunan Portopolio Uji Kompetensi Oleh Edi Wahyuddin.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 wita hingga pukul 16.30 wita ini, ditutup dengan Rencana Kerja Tindak Lanjut. (red/admin*)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image