You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Waro
Desa Waro

Kec. Monta, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Waro Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Melalui Website Desa, anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Kades Waro Terapkan Digitalisasi Data Kependudukan Melalui Aplikasi SID

Administrator 13 September 2023 Dibaca 294 Kali
Kades Waro Terapkan Digitalisasi Data Kependudukan Melalui Aplikasi SID

Bima, Waro.id - Desa Waro merupakan salah satu Desa di Kecamatan Monta Kabupaten Bima NTB, memiliki pelayanan inovatif kepada masyarakat secara digital.

Selain, pelayanan Sosialisasi dan Publikasi secara Elektronik. Kini mulai diterapkan layanan surat menyurat di Desa Waro yang bisa dilakukan melalui smartphone.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Desa Waro, Muhammad Ali,SH.,MM dalam mewujudkan inovasi di Desanya mewujudkan Desa Waro sebagai Bank Data Desa atau Rumah Data Desa.

Menurutnya mewujudkan Bank Data Digital, tentunya harus memiliki konsep pembangunan Desa berbasis digital, salah satunya mulai mengoptimalkan Aplikasi Sistem informasi Desa Secara Online.

Hal ini membuktikan bahwa sangat bermanfaatnya Dana Desa bagi Kesejahteraan warga masyarakat desa dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Untuk surat menyurat yang diurus didesa, kini bisa dilakukan secara online. Misalnya saja pengurusan Surat Keterangan Usaha (SKU), domisili, surat pindah, surat penghasilan keluarga, keterangan tidak mampu dan surat adminduk."ujarnya

Selain bentuk pelayanan pembuatan surat menyurat, tentunya Desa Waro memiliki pelayanan lainnya. Seperti pelayanan informasi dan data mengenai desa Waro yang dapat dilihat di website desawora-monta.web.id.

Bahkan, kata Kades Waro, Desa Waro sendiri mulai membangun Basedata Kependudukan secara Digital, dimana tujuannya agar Desa Waro memiliki database kependudukan yang lengkap, sesuai impian kades Waro mewujudkan Bank Data di Desanya.

"Kami punya data KK warga desa yang tersimpan dalam data base secara Digital di Aplikasi Sistem Informasi Desa. Sekarang sedang kami himpun, dan alhamdullilah Kurang lebih 55% telah tersedia secara digital. Melalui Basisdata Kependudukan inilah dapat dikembangkan untuk Pelayanan Mandiri, dimana Warga akan diberikan PIN oleh Operator kami, sehingga dapat mengakses layanan Mandiri yang tersedia di website Desa untuk melakukan Permohonan Surat Menyurat sesuai kebutuhan Warga" jelasnya.

Penulis: Kamaruddin,S.Pd. Pendamping Lokal Desa Waro, Kemendes PDTT Bima Monta, diteruskan dan dipublikasikan oleh Operator SID Waro.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image