You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Waro
Desa Waro

Kec. Monta, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Waro Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Melalui Website Desa, anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Pembangunan Desa Berbasis SDGs Desa. Kades Waro: "SDGs Desa Waro telah mencapai 48.47%

Administrator 16 Juli 2023 Dibaca 283 Kali
Pembangunan Desa Berbasis SDGs Desa. Kades Waro:

Bima, Waro.id - Seperti yang dilansir dari Berita Laman Resmi Kemendesa, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, MendesPDTT Abdul Halim Iskandar meminta pendamping desa mensosialisasikan progres penggunaan dana desa.

Bentuk sosialisasi itu menurut Gus Halim dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Monitoring hingga evaluasi kegiatan pembangunan yang didanai dana desa, salah satunya capaian Percepatan Pendataan SDGs Desa.

Hal ini sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023, salah satunya diprioritaskan untuk program kegiatan percepatan pencapaian SDGs Desa yang meliputi: Pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa; Program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa; dan Mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan Desa.

Menindaklanjuti arahan dan aturan ini, Pemerintah Desa Waro Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat melalui Pendamping Lokal Desanya, Kamaruddin,S.Pd memaparkan bahwa Pelaksanaan Pembangunan Desa Berbasis SDGs Desa di Desa Waro secara keseluruhan telah mencapai 48.47% dari 18 Pilar Indikator SDGs Desa.

"Sesuai Perencanaan Pemutahiran oleh Pemerintah Desa Waro, ditargetkan selesai per 31 Juli 2023. Selanjutnya Per Agustus 2023 dapat dilakukan Penarikan Data. Saya bersama Kepala Desa secara intens memonitoring dan mengevaluasi capaian mingguan dari Tim Petugas Pemutahiran SDGs. Hal ini sesuai giat Kepala Desa Waro untuk memiliki Bank Data di Desanya" ujar Kamaruddin,S.Pd selaku Tenaga Pendamping Profesional Lokal Desa di Desa Waro dari Kementerian Desa PDTT RI di Wilayah Tugas Kecamatan Monta Bagian Selatan.

Sementara itu, Kepala Desa Waro, Muhammad Ali,SH.MM optimis Tim Pokja SDGs Desanya dapat memukhtahirkan Data SDGs Periode 2023 sesuai Jadwal yang ditetapkan Oleh Pemerintah Desa.

"Adapun Progres capaian hasil Pendataan SDGs untuk Kuesioner Individu di Desa Waro per 16 Juli 2023 yakni 1.082 Individu dengan Skor keseluruhan capaian Desa 48.47%" ungkap Kades Waro. 

Kades Waro juga berharap bahwa sesuai giat dan impiannya menjadikan Desanya sebagai Bank Data Desa, sehingga secara intens memonitoring pendataan agar tetap progres dan Terukur.

Baca juga : Percepatan Capaian SDGs 2023 - Berikut Peran Pendamping Lokal Desa Kemendesa PDTT RI di Desa Waro Kec.Monta

"Ini juga yang menjadi impian besar saya yang ingin menjadikan Desa Waro sebagai Bank Data Desa melalui Pembangunan Desa berbasis SDGs Desa. Terimakasih Dana Desa, Membangun Indonesia Mulai Dari Desa, Desa Bisa, Pendamping Desa, SDGs Desa, Kemendes PDTT RI."ujarnya.(red/ SID Waro*).

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image